Motor Motor Mantab BeAT VS MIO VS SPIN VS LIBERO Klop

Motor Motor Mantab BeAT VS MIO VS SPIN VS LIBERO Klop - terbarukan sekali ada dari otokrum tentang Motor Motor Mantab BeAT VS MIO VS SPIN VS LIBERO Klop.

BeAT VS MIO VS SPIN VS LIBERO

Honda BeAT
BeAT
ikut meramaikan perang di pasar matic menengah bawah, dengan menawarkan fitur lebih lengkap dari pesaingnya, BeAT mencoba menjadi market leader di kelas skutik. mari coba kita bandingkan.

Mio yang sudah hadir sejak tahun 2004 memang mendominasi sampai sekarang belum ada yang mengalahkan. Dari total penjualan skutik tahun ini (Jan-April 2008) Mio menguasai 58%, Honda menguasai 26,3%, Suzuki 15% dan sisanya Kymco. Target honda hingga akhir tahun ini adalah menjual BeAT sampai 40 ribu perbulan, berarti hampir menyamai Mio (non Mio Soul) yang sekarang mencapai 40-50 ribu perbulan (data AISI).

Yamaha Mio
Sekarang apa yang diunggulkan BeAT?
Dari sisi harga sebetulnya tidak ada selisih banyak, dari sisi dimensi keempat motor itu sebenarnya hampir sama, cuma BeAT mengklaim mempunyai ground clearance tertinggi dikelasnya (156 mm). soal sistem pengereman, suspensi dan transmisi semuanya sama. beda terdapat di ukuran roda, Mio, Spin dan BeAT menggunakan pelek 14 inci sedangkan Libero cuma 12 inci. tetapi BeAT sudah memakai ban paling lebar depan dan belakang.

Mesin yang digunakan keempat matic ini sama-sama menggunakan mesin SOHC 4 tak berpendingin udara, cuma Spin mengadopsi cc mesin terbesar dengan 124 cc dan BeAT terkecil dengan jumlah 108 cc. kapasitas tangki terbesar dipegang oleh Libero yang sanggup menampung 5 liter, sedang BeAT cuma menampung 3,5 liter.
Kalau diperhatikan perbedaanya sangat tipis, sekarang tinggal fitur lah yang dapat menjadi bahan pertimbangan. BeAT yang lebih mahal Rp.315 ribu daripada Mio mengusung banyak fitur kenyamanan seperti boks bagasi penyimpanan depan (dibawah setang kemudi), fitur keselamatan seperti Parking Brake Lock (rem tangan) dan Side Stand Switch yang seperti tersedia di kakaknya yaitu Vario.

Desain bodi, bagian ini tergantung selera masing2 konsumen, karena selera setiap orang tidak sama, cuma desain lampu depan BeAT tidak seperti matic yang lain, yaitu ada di tengah bodi, bukan di setang kemudi seperti tiga pesaingnya.
Kesimpulan, untuk pertimbangan sebelum membawa pulang salah satu matic diatas yaitu tinggal sesuaikan dengan selera, jaringan aftersales service, brand dan resale value.
Yamaha Mio
Harga OTR (Jkt)Rp. 11,685 jt
Jaringan dealerSekitar 2.700
Pilihan warna5
Garansi mesin3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi1.820 X 675 X 1.050
Jarak sumbu roda1.240 mm
Jarak terendah ke tanah130 mm
Berat kosong87 kg
Kapasitas tangki BBM3,7 liter
Kapasitas oli mesin0,9
Rangka
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan70/90 - 14M/C34P
Ukuran ban belakang80/90 - 14M/C40P
Mesin
TipeSOHC 4 tak
Sistem pendinginUdara
Diameter X langkah50 x 57,9
Kapasitas Silinder
(cc)
113,7
Perbandingan kompresi8,8:1
Daya maksimum (PS/rpm)8,9/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm)7,84/6.500
KarburatorKeihin NCV24
Fitur
Bagasi bawah jokAda
Bagasi depanTidak
Aksesoris genuineAda
Kunci magnetTidak
Rem tanganTidak
Side stand switchTidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Tidak
Suzuki Spin
Harga OTR (Jkt)Rp. 11,625 jt
Jaringan dealerSekitar 1.002
Pilihan warna5
Garansi mesin3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi1.859 X 654 X 1.046
Jarak sumbu roda1.244 mm
Jarak terendah ke tanah145 mm
Berat kosong93 kg
Kapasitas tangki BBM3,7 liter
Kapasitas oli mesin1
Rangka
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan70/90 - 14M/C34P
Ukuran ban belakang80/90 - 14M/C40P
Mesin
TipeSOHC 4 tak
Sistem pendinginUdara
Diameter X langkah53,5 x 55,2
Kapasitas Silinder
(cc)
124
Perbandingan kompresi9,6:1
Daya maksimum (PS/rpm)9,6/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm)10,8/6.500
KarburatorMikuni BS26
Fitur
Bagasi bawah jokAda
Bagasi depanAda
Aksesoris genuineAda
Kunci magnetAda
Rem tanganTidak
Side stand switchTidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Ada
Honda BeAT
Harga OTR (Jkt)Rp. 12jt
Jaringan dealerSekitar 3.800
Pilihan warna6
Garansi mesin3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi1.859 X 676 X 1.053
Jarak sumbu roda1.240 mm
Jarak terendah ke tanah156 mm
Berat kosong89,3 kg
Kapasitas tangki BBM3,5 liter
Kapasitas oli mesin0,7
Rangka
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan80/90 - 14M/40P
Ukuran ban belakang90/90 - 14M/40P
Mesin
TipeSOHC 4 tak
Sistem pendinginUdara
Diameter X langkah50 x 55
Kapasitas Silinder
(cc)
108
Perbandingan kompresi9,2:1
Daya maksimum (PS/rpm)8,22/8.000
Torsi maksimum (Nm/rpm)8,33/6.500
KarburatorKeihin VK22
Fitur
Bagasi bawah jokAda
Bagasi depanAda
Aksesoris genuineTidak
Kunci magnetAda
Rem tanganAda
Side stand switchAda
Aki MF (Maintenance
Free)
Ada
Kymco Libero
Harga OTR (Jkt)Rp. 12,250 jt
Jaringan dealerSekitar 800
Pilihan warna4
Garansi mesin3 thn
Dimensi
Panjang X lebar X tinggi1.823 X 690 X 1.113
Jarak sumbu roda1.270 mm
Jarak terendah ke tanah123 mm
Berat kosong98 kg
Kapasitas tangki BBM5 liter
Kapasitas oli mesin0,8
Rangka
Suspensi depanTeleskopik
Suspensi belakangLengan ayun, sokbreker
tunggal
Ukuran ban depan90/90 - 12
Ukuran ban belakang90/90 - 12
Mesin
TipeSOHC 4 tak
Sistem pendinginUdara
Diameter X langkah52,4 x 51,8
Kapasitas Silinder
(cc)
111,2
Perbandingan kompresi9,5:1
Daya maksimum (PS/rpm)9,2/7.500
Torsi maksimum (Nm/rpm)8,82/6.500
KarburatorKeihin/Kymco CVK
Fitur
Bagasi bawah jokAda
Bagasi depanAda
Aksesoris genuineTidak
Kunci magnetTidak
Rem tanganTidak
Side stand switchTidak
Aki MF (Maintenance
Free)
Tidak